Insights of Indonesian

Nikmati Beragam Informasi Aktual dan Terpercaya

Senin, 19 Desember 2016

5 Tips Sukses Berwirausaha Bagi Pemuda



Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan dalam dunia kerja semakin hari terasa semakin sulit. Tiap tahun ada ribuan fresh graduate yang lulus dan saling bersaing untuk masuk kedalam dunia kerja. Bukan tidak banyak juga dari mereka yang terpaksa untuk menganggur atau mencari part time hanya untuk mencari uang tambahan atau bahkan hanya ingin mengisi waktu kosong pasca lulus kuliah. Mungkin belum banyak pemuda yang berani terjun ke dunia wirausaha dikarenakan minimnya pengalaman. Padahal berwirausaha adalah jalan terbaik untuk tidak hanya memberi manfaat besar pada diri sendiri, tetapi juga bagi banyak orang. Kali ini kita akan sedikit memberi tips tentang bagaimana seorang pemuda lepas dari ketergantungannya terhadap pekerjaan yang diberikan orang dengan secara mandiri membuka usaha dan membuka lowongan pekerjaan bagi banyak orang yang membutuhkan.

1. NIAT

Niat adalah hal yang paling mendasar yang harus dimiliki seseoarng yang ingin masuk kedunia wirausaha. Pikirkan tentang apa tujuan dan mengapa kita harus menjalankan bisnis kita. Niat juga akan menuntun kita untuk menggapai apa yang kita inginkan.

2. KOMITMEN

Ketika niat sudah ada, maka kemudian komitmen lah yang dibutuhkan. Komitmen besar kita terhadap usaha yang kita lakoni tentu akan mengarahkan jalan kita agar tidak dengan mudah terpengaruh hal-hal lain yang bisa merusak tujuan awal kita dalam membangun usaha. 

3. BIDANG USAHA YANG DISUKAI

Mencari ide mengenai bidang usaha apa yang akan kita jalankan memang terkesan gampang-gampang sulit. Maka dari itu, alangkah lebih bagus apabila kita bertanya pada diri sendiri tentang hal apa yang diri saya sukai. Apakah dibidang kuliner, konveksi, manufaktur, keuangan, jasa, ataupun bisnis penginapan. Yang pasti segala sesuatu hal yang disukai akan terasa lebih mudah untuk kita lakukan. 

4. BENTUK TIM KECIL

Manusia adalah makhluk sosial, jelas kita takkan pernah bisa hidup sendiri, kita butuh orang lain. Dalam menjalankan bisnis, kita membutuhkan sebuah tim kecil diawal yang mana tim ini nanti akan membantumu dalam meluruskan strategi bisnismu. Karena memang jelas tidak semua hal kita dapat kuasai, misalkan saja sang founder adalah seorang mahasiswa FISIP yang notabenenya belajar apapun yang berkenaan dengan politik, sedangkan bisnisnya ingin merambah kedalam pemanfaatan teknologi seperti E-Commerce, yang tentu akan terasa sulit baginya, maka dari itu kita membutuhkan seorang yang ahli dalam bidang IT.      

5. MODAL USAHA

Ini nih pemuda, persoalan yang mungkin akan selalu menjadi main problem banyak wiarusahawan muda. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Mudah saja bagi kita untuk pada tahap awal membangun bisnis, modal kita cari dulu dari orang-orang terdekat kita. Jadi, ketika tadi kita sudah memiliki tim kecil, maka pendanaan bisa dikomunikasikan dulu dengan keluarga terdekat masing-masing. Yang jelas, persiapan mengenai tujuan, target, dan strategi pemasaran harus kita utarakan sebagai senjata untuk meyakinkan mereka. Ketika modal sudah ada dan bisnis mulai berjalan sedangkan kita ingin untuk semakin memperbesar bidang usaha kita, maka kemudian mulailah untuk mencari investor.

Nah pemuda, itulah tadi 5 tips yang sangat mendasar sekali, sebelum pemuda bersiap terjun untuk berwirausaha yang bisa mimin bagikan ke kalian. Harapannya, Semoa Indonesia bisa terus mencetak banyak wirausahawan muda yang cerdas dan berdedikasi untuk kemajuan bangsa. Salam Pemuda!!!

   
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Headline News

5 Tips Sukses Berwirausaha Bagi Pemuda

Liputan6 RSS

Jumlah Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.