Insights of Indonesian

Nikmati Beragam Informasi Aktual dan Terpercaya

Jumat, 30 Desember 2016

5 Tips Sukses Bersosialisasi dengan Banyak Orang

Hello Pemuda, kali ini mimin mau ngeshare ke pemuda-pemuda semuanya mengenai bagaimana sih caranya agar kita punya banyak teman, dan yang pasti memperluas relasi? Jujur saja kalo banyak orang berusaha dan berpikiran keras untuk dapat sukses dalam hal ini. Beragam alasan dikeluarin, aku ini introvert lah emang suka sendiri lah dll. Duh guys, kita ini makhluk sosial yang gabisa hidup tanpa orang lain, simbiosis mutualisme istilahnya. Jadi jelas saja disetiap harinya kita akan membutuhkan bantuan orang lain. Terkadang hal yang demikian terjadi dimasa muda khususnya masa sekolah atau perkuliahan. Hal ginian nih ya, harus sesegera mungkin dirubah pemuda, karena suatu hari nanti kita bakalan ketemu sama yang namanya dunia kerja. Gak mungkin semua tugas, tantangan, dan masalah kantor pemuda sendiri yang kerjakan, cuma karena sulit bersosialisasi dengan masyarakat yang ada dalam lingkungan kerja. 

Nah, ini nih 5 tips sukses bersosialisasi dengan banyak orang versi Wawasan Pemuda :   

1. BERLAKU SOPAN

Ketika kita berhadapan dengan orang baru, apa yang kita perhatikan dari orang tersebut? pastinya adalah perilaku. Orang dengan perilaku yang terkesan buruk atau kasar dalam berbicara akan cenderung tidak kita sukai. Berbeda halnya dengan seorang yang memperlihatkan dirinya sebagai orang yang santun, tidak berkata kasar, dan suka menebarkan senyuman. Maka jelaslah, bahwa berperilaku sopan akan sangat esensial bagi setiap orang yang ingin memiliki banyak sahabat dan menjalin relasi dengan banyak orang.


2. TIDAK BERKATA KASAR

Pada poin pertama, tidak berkata kasar mungkin telah sedikit disinggung karena hal ini juga sangatlah mendasar bagi orang-orang dalam melakukan adaptasi di sebuah lingkungan baru. Bagaikan pribahasa yang sering kita dengar "Mulutmu Harimaumu!", artinya sedikit saja anda berkata sesuatu hal yang salah, hal tersebut bisa saja melukai hati orang. Jadi, dalam bersosialisasi, kita harus senantiasa menjaga perkataan, agar orang-orang yang berada di sekeliling kita merasa nyaman dengan keberadaan kita pemuda.

3. MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

Sudah menjadi watak manusia untuk selalu ingin di dengar oleh orang lain. Sekarang coba tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, pernahkah ketika temanmu berbicara tidak kamu dengarkan? Bagaimana perasaan kamu ketika apa yang kamu bicarakan hanya menjadi angin lalu meskipun hal yang kamu sampaikan adalah hal yang sangat penting bagi si lawan bicara? Wahai pemuda, menjadi seorang pendengar yang baik adalah salah satu prinsip atau perlakuan yang secara tidak langsung mendinginkan hati seseorang. Kita juga harus memberi respon terhadap lawan bicara. Ketika apa yang dibicarakan merupakan suatu kebenaran, maka berilah respon yang positif, namun ketika apa yang dibicarakan adalah suatu ketidak benaran berilah tanggapan bijak dengan nada rendah dan berusahalah untuk meluruskan persepsi teman bicara kita.

4. MENGEDEPANKAN KEPENTINGAN BERSAMA

Dalam bersosialisasi ada saatnya dimana kita harus menurunkan ego demi kepentingan bersama. Misalkan, hari minggu ada beberapa teman kerjamu yang bertugas untuk menjaga stand kantor di suatu exhibition dan ternyata ada salah seorang yang sakit dan tidak bisa meneruskan tugasnya disana. Dalam pameran tersebut ada target-target yang ingin dicapai oleh perusahaan diantaranya adalah mengait konsumen. Ketika salah seorang sakit, maka akan berimbas pada besarnya kemungkinan bahwa target yang ada tidak dapat terpenuhi. Pada saat itu posisimu sedang beristirahat dirumah. Maka kemudian bagaimana respon pemuda terhadap kondisi diatas? Tentu akan lebih baik ketika pemuda ikut membantu teman-teman yang lain dan sedikit menurunkan ego pemuda untuk bersantai dirumah. Kepedulian inilah yang sangat bernilai dimata rekan kerja ataupun masyarakat yang hidup di lingkungan pemuda. 

5. BERTEMAN DENGAN SIAPAPUN 

Tips yang terakhir adalah berteman dengan siapapun. Tidak peduli, apa pekerjaannya, apa agamanya, ras, suku, bahkan bagaimana karakternya. Sudah menjadi fitrah manusia untuk membalas kebaikan orang lain. Kita hanya perlu menyebarkan senyum dan perlakuan yang santun kepada orang-orang. Dengan demikian, orang-orang akan mempunyai pandangan yang baik terhadap kita, dan yang pasti relasi pemuda akan bertambah luas.

Demikianlah 5 tips sukses bersosialisasi dengan banyak orang yang bisa mimin share ke pemuda. Semoga bermanfaat dan salam pemuda!!



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Headline News

5 Tips Sukses Berwirausaha Bagi Pemuda

Liputan6 RSS

Jumlah Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.